SELAMAT DATANG DI MAKANAN KHAS INDONESIA

Selasa, 31 Oktober 2017

Cara, Resep, dan penjelasan dalam membuat sate bumbu kacang

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang

Menurut saya Sate ayam adalah merupakan salah satu makanan yang sangat digemari di indonesia. Rasanya enak dan nikmat serta bahan yang mudah ditemui di pasaran, merupakan beberapa  faktor yang membuat sate ayam ini menjadi salah satu makanan favorit anak-anak hingga orang dewasa. Nah , Bagi kalian yang termasuk penggemar masakan sate , kali ini Agung's blog akan menjelaskan, cara, dan resep dalam membuat sate bumbu kacang. Berikut adalah penjelasan bahan dan cara membuat sate bumbu kacang:

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang

#Bahan-bahan membuat sate ayam:

5 sendok makan kecap manis(olesan)
2 sendok makan margarine(lelehkan, untuk oleskan)
2 buah jeruk limau (jika suka)
½ ekor ayam(buang kulit dan tulang nya lalu potong dadu)

#Bahan- Bahan untuk membuat bumbu kacang

350 ML air
150 gram kacang tanah goreng ( haluskan, bisa dengan blender (lebih halus) )
5 sendok makan kecap manis
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

#Bahan yang akan di haluskan untuk membuat bumbu kacang:

5 butir bawang merah
3 siung bawa putih
4 buah cabai merah
2 butir kemiri

#pelengkap
irisan tomat, irisan cabai rawit, irisan bawang merah, ketupat atau lontong.

# Cara membuat bumbu kacang sate ayam

Langkah pertama, panaskan minyak, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri) lalu tumis hingga harum.
Langkah kedua, Masukkan kacang tanah yang telah dihaluskan sebelumnya dan air. Kemudian masak sampai mendidih dan terlihat mengental.
Tambahkan merica bubuk, garam, kecap manis lalu aduk hingga rata.

# Cara membuat sate ayam bumbu kacang
  • Langkah pertama, Cuci daging ayam hingga benar benar bersih lalu tiriskan. Setelah daging ayam kering kemudian tusuk ayam dengan menggunakan tusukan sate, lalu kemudian sisihkan
  • Langkah kedua, Campur kecap manis dan margarine menjadi satu kemudian aduk hingga tercampur secara rata. Setelah itu oleskan pada sate ayam secara merata.
  • Langkah ketiga, Panggang sate ayam di atas bara api hingga terlihat setengah matang, lalu angkat. Selanjutnya celupkan ke dalam bumbu kacang kemudian panggang kembali hingga daging ayam matang dan terlihat berwarna kecoklatan lalu Angkat.
  • Terakhir, hidangkan sate ayam dengan bumbu kacang serta air jeruk limau (jika suka), kemudian lengkapi dengan irisan tomat, irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan lontong atau ketupat.    
Demikianlah artikel cara, resep, dan penjelasan dalam membuat sate bumbu kacang yang dapat saya sampaikan untuk kalian, mudah – mudahan resep yang saya berikan ini dapat dengan mudah di coba/ di praktekkan di rumah. 
TERIMA KASIH...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar