SELAMAT DATANG DI MAKANAN KHAS INDONESIA

Sabtu, 21 Oktober 2017

MAKANAN KHAS KALIMANTAN TENGAH

7 Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak


Makanan Khas Kalimantan Tengah –Masih bersama Halomuda.com ya sahabat, kali ini kita masih akan memberikan informasi mengenai kuliner dari Indonesia. Negara kita memang terkenal akan budayanya. Nah disini kita akan mengulas salah satu kuliner di Indonesia, yakni makanan khas dari Kalimantan Tengah yang paling enak. Memang ya tak lengkap rasanya berkunjung ke suatu tempat jika tak mencicipi kulinernya.
Beragam makanan khas dari Kalimantan Tengah harus kamu coba, karena makanan khas dari Kalimantan Tengah memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat. Makanan khas dari Kalimantan Tengah juga cukup mudah kamu temukan terutama diseluruh daerah tersebut. Yang pasti jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya jika berkunjung ke Kalimantan Tengah.
Mungkin kamu juga merupakan salah satu dari mereka yang tertarik untuk berwisata Kalimantan Tengah, karena salah satu ciri khasnya ini memiiki kuliner dengan cita rasa yang membuat lidah para pengunjung tergoda akan kelezatannya. Sahabat, jika kamu belum mengetahui apa saja kuliner Kalimantan Tengah yang sangat enak ini, Halomuda.com akan memberikan informasinya dibwah ini.

Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak

  1. Kalumpe
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Yang pertama makanan khas Kalimantan Tengah ini adalah Kalumpe. Kalumpe adalah sajian kuliner yang sehat dari Suku Dayak. Makanan khas ini biasa dikenal juga dengan sebutan karuang. Untuk membuat Kalumpe ini, biasanya hanya menggunakan daun singkong sebagai bahan utama pembuatannya.
Untuk membuat makanan khas Kalimantan Tengah ini biasanya daun singkong di tumbuk hingga menjadi halus, setelah itu daun singkong ditambahkan dengan terong kecil atau terong pipit sebagai pelengkapnya. Teapi bagi yang menyukai rasa pedas, dapat juga menambahkan sambal, dan yang biasa digunakan untuk menu makanan ini adalah sambal terasi.
  1. Bangamat
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Kalimantan Tengah yang satu ini adalah bangamat. Makanan ini memang merupakan makanan yang cukup unik dan tidak biasa ditemui, karena bangamat adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kelelawar. Yakni daging kelelawar yang dibersihkan dan dimasak hingga matang. Biasanya daging kelelawar dimasak bersama dengan sulur keladi atau dengan sayur hati batang pisang.
Makanan khas Kalimantan Tengah ini termasuk menjadi sajian kuliner yang cukup ekstrim dan tidak mudah kamu temui di tempat lain dan sembarang tempat makan. Karena kamu tahu kan, jarang sekali ada makanan yang terbuat dari bahan kelelawar, terkadang mendengar namanya saja sudah cukup ngeri dan menggelikan.
Tetapi jika kamu memang para pecinta kuliner dan ingin mencoba ekstrimnya makanan khas Kalimantan Tengah ini kamu bisa datang langsung ke daerah Kalimantan Tengah yang menyediakan menu kuliner tersebut.
  1. Kenta
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Makanan khas Kalimantan Tengah yang wajib kamu coba ini adalah Kenta. Kenta merupakan salah satu makanan sejenis dengan kue yang memang berasal dari Kalimantan, tepatnya ialah pada suku Dayak. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan padi yang sudah disangrai serta ditumbuk dengan lesung kayu sampai berbentuk pipih.
Makanan khas Kalimantan Tengah ini memiliki cita rasa khas yang sebenarnya agak hambar, tetapi biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan parutan kelapa, air kelapa muda serta juga taburan gula pasir yang akan membuat rasanya menjadi terasa lebih nikmat serta sangat terasa gurih.
Makanan khas dari Kalimantan Tengah masih tergolong jenis kuliner yang sangat sulit kita temui, hal tersebut disebabkan karena pembuatannya yang sedikit rumit. Tetapi jangan khawatir, jika kamu ingin memburu kuiner yang satu ini, sebaiknya kamu datang langsung ke Kalimantan Tengah untuk mendapatkan makanana yang khas ini.
  1. Umbut Rotan
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak


Umbut rotan adalah salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang terbilang sangat unik. Karena kuliner asli dari suku Dayak ini menjadikan rotan sebagai bahan utama dari makanan ini. Umbut Rotan juga dikenal dengan sebutan nama uwut nang’e. Rotan biasanya dijadikan sebagai pengganti kayu tetapi Suku Dayak menjadikannya salah satu dari sajian kuliner yang nikmat.
Untuk membuat makanan khas Kalimantan Tengah ini biasanya dibutuhkan rotan yang masih muda. Cara pembuatannya cukup mudah yakni kulit rotan dibuang lalu rotan dipotong kecil-kecil dan dimasak dengan menggunakan campuran terong dan ikan baung.
Jika kamu mencoba makanan khas Kalimantan Tengah ini, kamu pasti akan sangat menyukainya, karena  rasa dari masakan ini cukup bercampur dari rasa asam, manis, gurih, dan juga terdapat rasa pahit yang unik. Nah makanya jika kamu mengunjungi kota Kalimantan Tengah jangan sampai lupa mencoba menu makanan unik yang satu ini.
  1. Wadi
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Wadi juga merupakan makanan khas Kalimantan Tengah yang sangat khas karena rasanya. Makanan ini terbuat dari daging ikan atau daging babi, tetapi pada umumnya makanan ini menggunakan daging ikan. Proses pembuatan makanan ini memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu setidaknya butuh 5 hari untuk menjadikan makanan ini dari bahan mentah menjadi makanan yang siap santap.
Untuk membuat makanan khas Kalimantan Tengah ini biasanya daging yang telah dibersihkan dicampur dengan garam dan didiamkan selama 10 jam lalu dikeringkan dan dicampur kembali dengan sa’mu dan disimpan didalam tempat yang kedap udara sampai 5 hari. Setalah itu baru daging yang disimpan dapat diolah kembali dengan cara digoreng dan dicampur dengan berbagai bumbu khusus untuk makanan ini.
  1. Juhu Singkah Enyuh
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Berikutnya makanan khas Kalimantan Tengah yang bernama Juhu singkah enyuh ini memang makanan yang sangat enak. Makanan ini dimasak dengan menggunakan umbut kelapa ataupun singkah enyuh. Umbut kelapa ini dapat berupa pucuk bakal batang kelapa yang memang belum jadi yang letaknya tepat pada atas akar di pohon kelapa yang usianya kurang lebih 1,5 tahun.
Untuk membuat makanan khas Kalimantan Tengah ini diperlukan bumbu yang sederhana saja, seperti lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, cabai, kunyit, terasi, serta juga daun jeruk purut. Yang membuat keunikannya sangat terasa yakni pada irisan-irisan umbut kelapa yang sangat empuk, gurih dan juga berempah.
Pasti kamu penasaran bukan dengan makanan khas Kalimantan Tengah yang satu ini, dan jika kamu berkunjung ke daerah Kalimantan Tengah, jangan sampai ketinggalan makanan khas yang satu ini, kerana kamu hanya akan menemukan makanan ini di Kalimantan saja.
  1. Juhu Umbut Sawit
Makanan Khas Kalimantan Tengah Paling Enak
Selain juhu singkah enyuh, masih ada lagi makanan khas Kalimantan Tengah kali ini yakni juhu umbut sawit. Pasti makanan ini memang asing. Kerana kamu tidak akan mendapatkan makanan ini di berbagai tempat makan di Kota Besar. Jika kamu datang ke Kalimantan Tengah maka jangan lupa berburu makanan dari suku Dayak yang satu ini.
Makanan khas Kalimantan Tengah ini adalah makanan wajib saat ada perayaan atau acara syukuran. Meskipun makanan ini sulit untuk ditemui tapi makanan ini juga menjadi makanan yang paling diburu oleh para turis yang datang ke daerah Kalimantan Tengah.
Nah sahabat, cukup banyak kan jenis dan menu makanan khas Kalimantan Tengah yang enak dan populer yang telah dibahas dalam artikel Halomuda.com. Selain enak kuliner dari makanan khas kalimantan tengah ini juga terbilang sangat unik, dan pastinya sangat membuat kamu penasaran kan. Itulah sebabnya kamu wajib mencoba makanan khas kalimantan tersebut. Selamat mencoba dan selamat berwisata ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar