SELAMAT DATANG DI MAKANAN KHAS INDONESIA

Sabtu, 21 Oktober 2017

MAKANAN KHAS KALIMANTAN BARAT

11 Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak dan Lezat

  1. Mie sagu, Makanan Tradisional Khas Melayu Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang bernama mie sagu ini tidak hanya populer di daerah timur Indonesia, bahkan di Kalimantan Barat seperti Pontianak. Sagu dijadikan sebagai bahan untuk membuat mie. Makanan ini juga merupakan makanan khas melayu di Pontianak. Mie sagu sering dijadikan sebagai makanan selingan atau sarapan bagi masyarakat kaliamantan barat.
Makanan khas Kalimantan Barat ini juga terdapat di daerah lain, tetapi ada beberapa perbedaan mie sagu khas Kalimantan barat dengan yang ada di daerah lain. Mie sagu khas Kalimantan Barat ini biasanya  menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap dalam penyajiannya. Sedangkan dari daerah lain biasanya disajikan dalam keadaan kering saja.
Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari sagu yang di ulen dan di potong kecil dan panjang. Kemudian direbus dan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu tambahan seperti daun kucai, kecambah , merica, potongan daging dan bumbu. Makanan yang sangat cocok dinikmati ketika cuaca hujan atau dipagi hari ini bisa ditemukan dengan mudah di warung tepi jalan di kota Kalimantan Barat.
  1. Mie Kepiting, Makanan Tradisional Khas Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Masih dengan jenis mie, kalo makanan khas Kalimantan Barat dari Pontianak ini adalah mie kepiting. Mie kepiting Pontianak adalah makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat maupun para pelancong yang datang ke Pontianak. Mereka semua yang mencobanya sangat puas dengan sensasi rasa olahan menu kepiting yang bisa dibilang baru dan tidak biasa ini.
Makanan khas Kalimantan Barat ini hampir sama dengan mie ayam, tetapi toping yang digunakan berupa daging, basko ikan, udang, daging kepiting, kecambah, dan pangsit goreng. Mie yang sangat lezat ini akan memberikan sensasi yang khas bagi kamu pecinta kepiting atau mie ayam. Mie kepiting merupakan makanan khas masyarakat tionghoa Pontianak.Nah jika kamu sedang berkunjung ke Kalimantan Barat dan kamu ingin mencoba makanan khas Kalimantan Barat ini kamu bisa mendapatkan kuliner yang unik ini di jalan setia budi, yakni warung mie kepiting A Tie atau bisa juga kamu temukan di jalan Gajah Mada.
  1. Kerupuk Basah, Makanan Tradisional Khas Kapuas Hulu
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Kerupuk basah adalah makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari daerah Hulu sungai Kapuas. Namun tahukah kanu jika makanan yang satu ini memang sangat berbeda, ketika kalian memesan kerupuk basah maka kamu tidak berbentuk akan mendapatkan kerupuk seperti yang kalian bayangkan. . makanan ini merupakan cemilan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan tentu menyehatkan.
Makanan khas Kalimantan Barat ini bentuknya lebih mirip dengan empek-empek, tetapi lebih panjang dan tidak di goreng. Kerupuk basah dimasak dengan cara di kukus. Tetapi kamu juga dapat menikmatinya dengan cara digoreng lagi setelah dikukus. Kuliner ini biasanya disajikan dengan tambahan saos kacang seperti somay atau pun sate.
Kerupuk Basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Biasanya yang digunakan dalam makanan khas Kalimantan Barat ini adalah ikan belida yakni salah satu  ikan khas di Kalimantan Barat sebagai bahan pembuatan makanan unik ini. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut serta aroma yang khas. Tetapi selain ikan belida, ikan tenggiri atau ikan tawar lainnya juga bisa digunakan.
  1. Kwe Tiaw Goreng, Makanan Tradisional Khas Pontianak
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Selanjutnya makanan khas Kalimantan Barat yang sangat enak dan lezat ini adalah Kwe tiaw. Kwe tiaw merupakan masakan khas tionghoa yang sudah menjadi favorit masyarakat Kalimantan Barat terutama di Pontianak. Bahkan hampir semua orang di Indonesia menyukai makanan yang berbahan terpung beras yang memiliki sumber karbohidrat yang tinggi.
Untuk meyajikan makanan khas Kalimantan Barat ini biasanya bahan tersebut di goreng. Makanan yang sehat, bergizi serta mengeyangkan ini cocok sebagai menu makan siang. Mie Tiaw sudah menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat. Dan jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di pusat kota seperti di Jalan Setia Budi dan Gajah Mada Pontianak.
  1. Bubur Pedas, Makanan Tradisional Khas Sambas
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat. Sebenarnya bubur ini merupakan sajian kerajaan di keraton sambas. Karena sangat digemari, bubur pedas yang nikmat dan menyehatkan ini menjadi makanan khas masyarakat sambas. Bubur pedas ini dapat menjadi solusi untuk kebutuhan sayur kamu karena rasanya yang nikmat.
Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak dan ditambahkan aneka macam sayuran sperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-remah lainnya. Tetapi, bubur pedas yang dijual sekarang ini sudah mengalami beberapa penyesuaian. Sebernarnya resep aslinya, sayuran yang ditambahkan ke bubur ini dapat mencapai 30 macam.
  1. Kwe Tiaw Rebus, Makanan Tradisional Khas Kalimantan Barat
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Masih ada lagi makanan khas Kalimantan Barat yang paling enak dan juga populer, namanya adalah kwe tiaw rebus. Makanan ini adalah makanan dari kwe tiaw yang dikreasikan. Bahan dasar Mie ini sama saja dengan Mie Tiaw goreng. Tetapi yang membedakan mie ini yakni pada penyajiannya yang menggunakan kuah.
Makanan khas Kalimantan Barat ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Cocok juga di makanan bersama dengan keluarga atau orang yang dekat dengan teman-teman.

  1. Asam Pedas Tempoyak, Makanan Tradisional Khas Ketapang
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak
Makanan khas Kalimantan Barat selanjutnya ini adalah makanan yang berasal dari daerah Ketapang Kalimantan Barat yakni asam pedas tempoyak. Kuliner asam pedas ini mungkin sudah sering kamu jumpai,tetapi yang bedanya asam pedas khas Ketapang dengan yang lainnya ini adalah adanya penambahan tempoyak dalam penyajiannya.
Tempoyak adalah daging buah durian yang telah difermentasikan. Bahan ini biasanya menjadi tambahan bumbu yang nantinya akan memberikan aroma dan rasa khas. Asam pedas ini biasanya menggunakan ikan patin yang memiliki daging lembut serta rasa yang khas sebagai bahannya. Makanan khas Kalimantan Barat ini akan semakin nikmat jika disajikan dengan nasi yang masih panas.
  1. Ale-Ale, Makanan Tradisional Khas Ketapang
Makanan Khas Kalimantan Barat Paling Enak


Yang terakhir makanan khas Kalimantan Barat yang sangat lezat ini adalah ale-ale. Kuliner Khas yang satu ini berasal dari daerah ketapang juga loh. Ale – ale adalah hewan air laut sejenis kerang yang  banyak terdapat di daerah Ketapang, Kalimantan Barat. Bahkan ale-ale ini dijadikan sebagai maskot kota. ale-ale dapat ditemukan dengan mudah karena perairan ketapang belum tercemar polusi.
Ale-ale dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan khas Kalimantan Barat yang lezat. Kamu bisa membuatnya menjadi aneka makanan seperti serundeng ale-ale dengan kelapa parut, sambal ale-ale, ale-ale asam manis, dan masih banyak lagi sesuai dengan selera. Untuk memasaknya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus kerang tersebut dan kemudian memberinya bumbu seseuai selera.
  1. Sotong Pangkong Khas Kalimantan Barat
Sotong Pangkong Khas Kalimantan Barat
Selanjutnya adalah masakan khas Kalimantan Barat yang memang sudah sangat terkenal, makanan yang satu ini memang benar tidak selalu ada di setiap waktu ya teman-teman. Pasalnya Sotong Pangkong ini hanya ada di wilayah Pontianak dan sekitarnya pada saat bulan Ramadhan saja.
Jika saat bulan Ramadhan dan teman-teman pengen Sotong Pangkong ini, langsung aja deh capcus ke Kalimantan Barat. Sotong Pangkong adalah cumi-cumi panggang sehingga Sotong Pangkong ini bisa di katakan cumi kering yang rasanya enak lho.
Nah, makanan yang berbahan dasar cumi kering ini di pukul-pukul hingga tidak terasa alot ya teman-teman, setelah di rasa tidak alot teman-teman bisa menikmati Sotong Pangkong ini yang sudah ci campur dengan sambal kacang bisa atau juga sambal asam pedas manis juga bisa.
  1. Pengkang Khas Kalimantan Barat
Pengkang Khas Kalimantan Barat
Makanan yang selanjutnya wajib kita masukkan dalam list makanan khas Kalimantan Barat ini adalah Pengkang. Makanan ini wajib teman-teman coba saat berkunjung ke pesisir Kalimantan Barat ya? Sebenarnya Pengkang ini lebih cocok di sebuat sebagai camilan khas Kaltim ya?
Pengkang di bungkus dengan menggunakan daun pisang seperti halnya lontong jika di Jawa, akan tetapi bentuk Pengkang ini condong lebih mirip dengan kerucut lho. Isi dari Pengkang ini adalah beras ketan dan juga ebi ya teman-teman.
Untuk penyajiannya sih biasanya di campur dengan bumbu dan setelah itu di bakar hingga matang. Saat menyantap masakan khas Kalimantan Barat ini akan lebih mantap jika di campur dengan sambal kerang atau biasa juga di sebut dengan sambal kepah.
  1. Ikan Salai Khas Kalimantan Barat
Ikan Salai Khas Kalimantan Barat
Buat teman-teman yang suka makan ikan sungai, teman-teman bisa mencoba masakan khas Kalimantan Barat yang satu ini dan di kenal dengan nama Ikan Salai. Sejatinya Ikan Salai ini adalah ikan yang telah di awetkan dengan cara yakni di asap ya teman-teman.
Memang benar biasanya sih ikan bisa di masak dengan berbagai cara ya? Tergantung dengan selera masing-masing seperti misalkan saja di bakar atau di goreng. Jika teman-teman belum pernah mencoba ikan yang di asap atau di sebut dengan Ikan Salai ini, sepertinya wajib untuk mencicipi lezat dan nikmatnya sajikan makanan khas Kalimantan Barat ini ya?
Nah sahabat Halomuda.com, demikian tadi beberapa informasi mengenai beberapa makanan khas Kalimantan Barat yang paling enak dan juga paling populer. Keanekaragaman makanan khas dari Kalimantan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner, nah jika kamu salah satunya jangan sampai ketinggalan untuk langsung mencoba makanan khas tersebut sahabat, dan selamat berwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar