SELAMAT DATANG DI MAKANAN KHAS INDONESIA

Sabtu, 21 Oktober 2017

MAKANAN KHAS KALIMANTAN TIMUR

Lezat dan Enak, Inilah 7 Makanan Khas Kalimantan Timur

1.Nasi Kuning
Makanan Khas Kalimantan Timur
Nasi Kuning via wikimedia.org
Nasi Kuning adalah salah satu jenis varian menu makanan yang terbuat dari nasi di Indonesia dan makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini sangat umum ditemukan di Kalimantan Timur, terutama di pagi hari untuk sarapan.
Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah seperti santan, kunyit, dan lainnya. Nasi Kuning disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, atau daging lainnya.
Untuk warna kuning yang merupakan ciri khasnya berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya yang membuat Nasi Kuning memiliki rasa yang enak dibanding nasi putih biasa.
2. Ayam Cincane
Makanan Khas Kalimantan Timur
Ayam Cincane via plimbi.com
Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting saja seperti pernikahan atau kelahiran, tapi sekarang menu ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di Kalimantan Timur.
Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya. Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya.
Kemudian dibakar di bara api hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih.
3. Nasi Bekepor
Makanan Khas Kalimantan Timur
Nasi Bekepor via food.detik.com
Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya yaitu Nasi Bekepor. Komposisi Nasi Bekepor yaitu nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah kemudian dimasak mengunakan alat masak khusus khas Kalimantan Timur.
Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor umumnyanya disandingkan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur yaitu sejenis sayur asam yang diolah bersama dengan ikan air tawar seperti patin atau gabus dan ubi manis.
4. Sate Payau
Di Kalimantan Timur ada satu jenis makanan yang cukup unik yaitu Sate Payau. Sate Payau yaitu sate yang terbuat dari daging rusa. Tapi sayang, makanan khas Kalimantan Timur yang satu sudah langka, karena rusa adalah salah satu hewan yang dilindungi.
Tapi, makanan khas yang satu ini masih bisa ditemukan di berbagai acara adat atau festival kesenian yang digelar di provinsi tersebut. Sate Payau ini cukup enak dan lezat dengan daging rusa yang lembut jika dibanding dengan daging sapi.
5. Amplang
Makanan Khas Kalimantan Timur
Amplang via wikimedia.org
Selanjutnya adalah Amplang yaitu sejenis camilan berupa kerupuk dengan bentuk yang unik mirip kuku macan. Makanan ini terbuat dari ikan dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur.
Walaupun terbuat dari ikan, tapi Amplang tidak memiliki rasa amis, justru kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan enak.
6. Gence Ruan
Makanan Khas Kalimantan Timur
Gence Ruan via food.detik.com
Nama makanan khas Kalimantan Timur yang satu pasti asing ditelinga kalian yang bukan orang asli Kalimantan Timur. Gence Ruan dibuat dengan bahan dasar ikan Gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan Haruan.
Ikan Gabus tersebut ditaburi garam kemudian dibakar dengan bara api, setelah dibakar ikan Gabus tersebut disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah lainnya.
7. Bubur Pedas
Makanan Khas Kalimantan Timur
Bubur Pedas via deewpm.blogspot.co.id
Sejatinya, makanan ini adalah makanan khas suku Sambas di Kalimantan Barat, tapi bisa juga ditemukan di Kalimantan Timur dan sudah menjadi salah satu makanan khas favorit bagi warga Kalimantan Timur.
Bubur ini tidak hanya menawarkan rasa pedas, tapi juga rasa rempah-rempah lain, sebab Bubur Pedas diolah dengan berbagai macam rempah-rempah seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabe yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang enak.
Nah, itulah beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang tidak kalah enak dan lezat dengan makanan khas dari provinsi lainnya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar